Pemimpin yang Ideal

Posted: April 7, 2012 in info

PEMIMPIN IDEAL

Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang dapat berkomunikasi secara efektif dalam situasi apapun dan bijaksana. Pemimpin yang dapat BERKOMUNIKASI SECARA EFEKTIF adalah:
1. Memberikan informasi yang update kepada seluruh bawahan dan koleganya secara terus-menerus, fakta yang terjadi di lapangan.
2. Secara proaktif meminta umpan balik dari bawahan.
3. Memastikan adanya tindak lanjut atas masalah yang terjadi dalam suatu organisasi.
4. Selalu mengupdate informasi yang dimiliki berdasarkan fakta yang terjadi dilapangan.
TIPE PEMIMPIN BIJAKSANA:
1. Memiliki rasa percaya diri dan dapat mengatakan bisa pada diri sendiri untuk dapat menyelesaikan suatu masalah.
2. Sensitif terhadap perasaan/emosi pihak lain/anak buah.
3. Dapat menyelesaikan masalah dengan cepat yang menjadi tanggungjawabnya dan terbiasa mendisiplinkan diri untuk mencari solusi setiap masalah dan bersikap action oriented.
4. Berpikir kedepan dan selalu berpikir contigency plan yaitu selalu mengembangan pikiran dalam beberapa skenario untuk mengantisipasi kondisi yang akan terjadi, disini anda akan lebih terlihat powerful.
5. Pikirkan selalu kenyamanan anggota organisasi dalam bekerja.
PEMIMPIN YANG BIJAKSANA TIDAK DISARANKAN:
1. Menutup-nutupi permasalahan, berbohong atau mengatakan sesuatu yang sifatnya misleading. Walau sebagai pemimpin, harus menyimpan hal-hal yang bersifat cinfidential, namun hal-hal yang sifatnya terkaitn dengan keamanan, kesejahteraan harus disampaikan secara terbuka.
2. Menjanjikan sesuatu yang belum ada kejelasannya untuk direalisasikan.
3. Menyalahkan pihak lain atau mencari kambing hitam atas terjadinya masalah.
TIPE DIREKTUR
Kepemimpinan tipe ini sangat cocok untuk organisasi yang tertutup dan cenderung otonom serta memiliki kapasitas yang luar biasa tidak terbatas untuk melakukan perubahan, dimana seorang Direktur dapat menggerakkan seluruh kapasitas sumber daya yang dia miliki, memberikan arah, melakukan implementasi dan mengendalikannya.
TIPE MOTIVATOR (PELATIH)
Tipe kepemimpinan yang ini cocok di gunakan di sebuah organisasi yang terbuka dan untuk menghindari terjadinya kekacauan serta seluruh teamnya mampu bertugas sesuai jobnya masing-masing, maka seorang pemimpin dapat melakukan peran seperti layaknya pelatih sepak bola dimana ia hanya mengarahkan timnya agar sesuai jalur yang ada tanpa dia harus terjun sendirian.

TIPE NAVIGATOR
Model kepemimpinan seperti ini dibutuhkan pada saat keadaan organisasi anda sedikit kurang terkendali sehingga target yang di tetapkan tidak dapat di capai 100%. Layaknya seorang Pilot atau Kapten kapal dimana kita tidak dapat mengatur angin dan juga Cuaca maka kita hanya bisa mengarahkan Kapal kita supaya berhasil melaluinya.
TIPE PENTERJEMAH
Disini situasi organisasi yang terjadi sama seperti yang dialami oleh pemimpin tipe navigator, tetapi di sini pemimpin sadar bahwa dia tidak memiliki kekuasaan/kemampuan lebih untuk mengatur dan mengubah system organisasi yang ada tetapi sang pemimpin memiliki kecerdasan, maka yang dilakukan hanya memberitahu/mengarahkan anggotanya berdasarkan hal-hal yang dia terjemahkan dari berbagai macam kondisi internal dan eksternal supaya anggotanya tersebut tidak terlalu jauh menyimpang dan mampu menyelesaikan permasalahannya sendiri.
TIPE PJS (CARETAKER)

Tipe kepemimpinan yang seperti ini bisa di jalankan apabila kondisi organisasi dalam keadaan kacau dan konflik terjadi dimana-mana serta tidak dapat dikendalikan sehingga pendekatan apapun yang dilakukan akan menjadi serba salah. Tetapi pemimpin ini masih mampu sedikit mengendalikan bawahannya agar bersifat lebih inovatif sehingga proses kerja masih bisa berjalan dan target dapat lebih mudah dicapai dan permasalahan yang ada lebih cepat diselesaikan.
TIPE PERAWAT
Pada kondisi organisasi sedang sakit dimana harapan hidup sudah amat kecil maka cara kepemimpinan yang tepat adalah dengan menjalankan peran sebagai perawat, karena di organisasi yang seperti ini tidak ada yang tahu apakah organisasi ini dapat bertahan atau tidak di tengah kondisi yang sedang kacau dan yang hanya dapat dilakukan adalah dengan memperpanjang harapan hidupnya saja.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s